ANALISIS PENENTUAN SAHAM PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN MODEL MARKOWITZ PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE JANUARI 2019 – DESEMBER 2020

Main Article Content

Bunga Wahyu Ningsih
Muhamad Helmi
Debi Carolina

Abstract

Dalam kegiatan investasinya, pasar modal menawarkan berbagai pilihan berinvestasi dengan tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko (risk) yang berbeda-beda. Untuk mengurangi risiko dalam investasi tersebut maka investor membentuk sebuah portofolio. Portofolio optimal dengan model Markowitz yang dipilih dari sekian banyak alternatif portofolio efisien dapat memberikan tingkat return yang maksimal sesuai dengan risiko yang berani ditanggung oleh investor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui portofolio saham yang optimal serta proporsi dana masing-masing saham dengan menggunakan model Markowitz. Penelitian dilakukan di BEI pada saham perusahaan sektor pertambangan periode Januari 2019-Desember 2020. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan www.finance.yahoo.com. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 47 saham perusahaan sector pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode Januari 2019-Desember 2020 dan jumlah sampel sebanyak 11 saham perusahaan, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 saham perusahaan diperoleh sebanyak 4 saham yang masuk dalam portofolio optimal menggunakan model Markowitz dengan jumlah proporsi dananya yakni PT. Harum Energy Tbk (HRUM) sebesar 12,45%, PT. Timah Tbk (TINS) sebesar 24,42%, PT. Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) sebesar 53,07% dan yang terakhir PT. Indika Energy Tbk (INDY) sebesar 10,05%. Memberikan expected return sebesar 4,70% dan tingkat risiko sebesar 2,83%.

Article Details

Section
Articles

References

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal: Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.
Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal: Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Halim, Abdul. 2005. Analisis Investasi.Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Jogiyanto, Hartono. 2012. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: BPFE.
Hartono, Jogiyanto. 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesebelas. Yogyakarta: BPFE.
Markowitz, Harry M. 1952. Portfolio Selection. Journal of Finance. 7(1), pp: 77-91.
Pracanda, Desak Gede Sinta Putri dan Nyoman Abudanti. 2017. Pembentukan Portofolio Optimal Dengan Menggunakan Model Markowitz Pada Saham Indeks Idx30 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 2,
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.
www.idx.co.id.
www.yahoofinance.com