ANALISIS KEBIJAKAN DEVIDEN, DER, PBV, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

Main Article Content

Destia Aktarina
Ike Liana Ernawati

Abstract

Return saham adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan, individu dan institusi dari hasil kebijakan investasi yang dilakukannya. Return saham merupakan income yang diperoleh oleh pemegang saham sebagai hasil dari invetasinya di perusahaan tertentu. Informasi-informasi yang dapat digunakan sebagai tolak ukur tingkat Return saham perusahaan yang diteliti adalah Kebijakan Deviden, Debt To Equity Ratio (DER), Price To Book Value (PBV) dan Pertumbuhan Perusahaan. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan Kebijakan Deviden, Debt To Equity Ratio (DER), Price To Book Value (PBV), Pertumbuhan Perusahaan dan Return Saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di BEI periode 2016-2020. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kebijakan Deviden, Debt To Equity Ratio (DER), Price To Book Value (PBV) dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Return Saham secara parsial dan simultan pada perusahaan sektor indutri barang konsumsi di BEI periode 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh Kebijakan Deviden, Debt To Equity Ratio (DER), Price To Book Value (PBV) terhadap Return saham, sedangkan Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Return saham pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa minimal ada satu variabel bebas (Kebijakan Deviden, DER, PBV dan Pertumbuhan Perusahaan) yang berpengaruh terhadap variabel terikat (Return Saham) secara simultan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di BEI periode 2016-2020.

Article Details

Section
Articles

References

Agus Harjito dan Martono. 2012, Manajemen Keuangan . Edisi ke-2. Ekonisia, Yogyakarta.
Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Investasi. Jakarta: Salemba Empat.
. 2015. Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Jogiyanto, H.M. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.
Jogiyanto, H.M. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. BPFE. Yogyakarta.
Jogiyanto, H.M. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.
Jogiyanto, H.M. 2011. Metedologi Penelitian Bisnis. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.
Kasmir, 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Rahardjo, Budi. 2009. Laporan Keuangan Perusahaan. Gadja Mada University Press. Yogyakarta.
Safrida,Eli. 2008. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Thesis, Ilmiah; Binus.ac.id.
Sartono,Agus. 2014. Manajemen Keuangan, Teori Aplikasi. Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE.
Sawir, Agnes . 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama.Yogyakarta: PT Kanisius.