ANALISIS STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (STUDI PADA UMKM MANDA CAKE)

Main Article Content

Ari Saputra
Dian Utari
Muhammad Furqon

Abstract

Content marketing merupakan suatu yang dimulai dengan pembuatan, menampilkan dan menerapkan konten yang disukai, menarik serta relevan untuk audiens. UMKM Manda Cake menjadikan instagram sebagai salah satu platform media sosial paling efektif untuk melakukan kegiatan content marketing, yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 pengikut dan 728 postingan. Konten yang disajikan melalui instagramnya berbentuk konten video yang memiliki keterangan dan caption tentang usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis content marketing melalui instagram dalam menciptakan customer engagement. Locus penelitian ini adalah UMKM Manda Cake Jl. Letnan Murod Lr Flamboyan. Sampel penelitian ini berjumlah 35 responden. Kriteria responden yang dipilih adalah pria dan wanita umur 20-40 tahun yang menjadi pengikut aktif akun resmi instagram Manda Cake. Metode pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi content marketing dalam indikator reader cognition, sharing motivation, persuasion, dan decision making sudah dilaksanakan sangat baik dengan tingkat persentase sebesar 88%. Konten-konten Manda Cake mampu membentuk dimensi customer engagement yaitu keterlibatan perilaku, konsumen mudah mengingat Manda Cake Ketika ingin membeli produk cake.

Article Details

Section
Articles

References

Ashari, Revida Mareta Herfi, and Onny Fitriana Sitorus. 2023. “Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan.” Jurnal EMT KITA 7(1):40. doi: 10.35870/emt.v7i1.726.
Binti Abdul AZIZ, Nur Halimah, Susanto Susanto, and Nonik Kusuma Ningrum. 2021. “Pengaruh Keterlibatan Merek, Komunikasi Merek, Dan Interaktivitas Merek Pada Keterikatan Merek Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(3):455–66. doi: 10.37641/jimkes.v9i3.472.
Chandra, Christine Natalia, and Wulan Purnama Sari. 2021. “Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID).” Prologia 5(1):191. doi: 10.24912/pr.v5i1.10116.
Fadillah, Syifa Nurul, and Retno Setyorini. 2021. “Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Menciptakan Customer Engagement Di Media Sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung.” Menara Ilmu XV(02):100–116.
Fahimah, Mar’atul, and Linda Armada Ningsih. 2022. “Strategi Content Marketing Dalam Membangun Customer Engagement.” Benchmark 3(1):43–52. doi: 10.46821/benchmark.v3i1.283.
Karr. 2016. How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Fransisco.
Kotler, P. .. 2019. Marketing 4.0. Jakarta: Gramedia.
Kuddus, Mohammed. 2019. “Pengaruh Content Marketing, Social Media Marketing Dan Event Marketing Terhadap Sutomer Loyalty.”
Polii, Novita. 2020. “ANALISIS STRATEGI CONTENT MARKETING DIGITAL FRUITY WAX MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT.” Universitas Bakrie 14.
Rahmadhan, Mustika Desi, and Dominica A. Widyastuti. 2022. “Analisis Jalur Menentukan Dampak Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Repurchase Intention.” Management, and Industry (JEMI) 05(04):225–50.
Tuakia, Anggie Anggrainie, Program Studi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, D. A. N. Ilmu, and Universitas Bakrie. 2021. “Strategi Konten Marketing Instagram Indihome Dalam Meningkatkan Customer Engagement.”
Umi Narimawati. 2010. Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta: Genesis.
Widi, Shilvina. 2023. “Data Indonesia.” Retrieved (https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023).