PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA UPT DEPOGERBONG BESAR A SIMPANG PT. KAI DIVRE III KOTA PALEMBANG

Main Article Content

Maya Amelia N
Destia Aktarina
Debi Carolina

Abstract

Turnover intention adalah kadar atau intensitas dari keinginan untuk keluar dari perusahaan, banyak alasan yang menyebabkan timbulnya turnover intention ini dan diantaranya adalah keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Salah satu bentuk perilaku karyawan tersebut adalah turnover intention yang berujung pada keputusan karyawan pindah kerja. Turnover intention ditandai oleh berbagai hal yang berkaitan dengan komitmen organisasi, kepuasan kerja dan karakteristik individu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Karakteristik Individu Dan Turnover Intention pada UPT Depo Gerbong Besar A Simpang PT. Kai Divre III Kota Palembang. Untuk  melihat pengaruh secara parsial Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Karakteristik Individu terhadap Turnover Intention pada UPT Depo Gerbong Besar A Simpang PT. Kai Divre III Kota Palembang dan secara simultan. Sampel yang di ambil sebanyak 40 karywan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan metode deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial didapat kesimpulan bahwa komitmen organisasi, kepuasan kerja, karakteristik individu berpengaruh terhadap turnover intention dan hasil pengujian secara silmutan didapat kesimpulan bahwa minimal ada satu variabel bebas yang berpengaruh terhadap turnover intention

Article Details

Section
Articles

References

Abdul rahman. (2013). Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala. 77.
Aktarina. D. (2015). Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Anggota Polri di Polresta Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. Vol. 12 (3). pp. 42 –54.
Anis K, M. Noor Ardiansah, dan S. (2003). “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Keinginan Berpindah Kerja Auditor (Studi Kasus pada KAP di Jawa Tengah ).” EKOBIS vol, hal 141 – 152.
Badeni. (2017). Kepemimpinan dan perilaku organisasi,. Alfabeta.
Didit, D. (2013). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. PT. Temprina Media Grafika.
Hartono. (2002). anajemen Sumber Daya Manusia (PT. & Prehallindo (eds.); 2nd ed.).
Hasibuan, M. S. . (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Bumi Aksa.
Mobley. (2011). Pergantian Karyawan: Sebab, Akibat dan Pengendaliannya. PT Pustaka Binaman Pressindo.
Ricardianto, P. (2018). “Human Capital Management.” IN MEDIA.
Rindi Nurlaila Sari. (2014). Pengaruh kepuasan kerja, stres kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention(pada hotel ibis yogyakarta).
Robbins, P, S. (2006). Perilaku Organisas (Edisi Semb). PT Indeks Kelompok Gramedia.
Robbins, Stephen P dan Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior, Terjemahan Ratna Saraswati dan Fabriella Sirait (Edition 16)
Sopiah. (2008). Prilaku Organisasional. Andi
Tsani. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover intention (Studi pada karyawan produksi PT. Apparel Jaya Temanggung Skripsi. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.